Geogebra Aplikasi untuk Pembelajaran Matematika

geogerba

Sudah lama tidak upload tulisan. Sekarang saya ingin berbagi informasi.

Pembelajaran yang biasa kita laksanakan kadang kali hambar jika dilakukan hanya dengan ceramah. Apalagi di tingkat SD yang masih perlu alat peraga untuk memperjelas materi. Alat peraga yang digunakan pun bertahap dari kongkrit, Semi konkrit, semi abstark, dan abstrak. Jika menggunakan konkrit, guru/siswa menyediakan benda nyata. Bagaimana  jika disekitar siswa tidak ditemukan??? sebuah kendala yang perlu ditangani.
Pada pembelajaran matematika dengan alat peraga abstrak bisa dibantu dengan aplikasi. Aplikasi tersebut ada yang berbayar dan membeli. Saya disini akan membahas aplikasi yang gratis (agar tidak mengganggu keuangan rumah tangga) yang pernah saya pelajari melalui BIMTEK ONline dan DIKLAT ICT 30 JP yang diselenggarakan  oleh PPPPTK Matematika Yogyakarta yaitu GEOGEBRA.

Geogerba dapat diunduh secara gratis di www.geogebra.org dan setiap saat diperbarui menunya. Sampai tulisan ini saya unggah geogebra sudah sampai versi  4.2.8.0. Geogebra merupakan kependekan dari Geometri Algebra.



Aplikasi ini berfungsi untuk
1. membuat konstruksi geometri (Konstruksi TIDAK SAMA DENGAN GAMBAR),
2. Grafik Persamaan dan Fungsi
3. Grafik 3 Dimensi.


Sebelum instal Geogebra DOwnload dan instal dulu Java Runtime Environtment (JRE) yang dapat didownload dari http://java.com .

Bagaimana cara membuat konstruksi geometri ataupun yang lain, InsyaAlloh akan saya unggah setelah pelaksanaan pengimbasan di daerah tempat saya mengajar.

Yang penasaran...coba dan coba.... tidak ada salahnya mencoba...

1 komentar untuk "Geogebra Aplikasi untuk Pembelajaran Matematika"