Pekerjaan Akhir Tahun Pelajaran dengan Formula excel

formula excel



Di akhir tahun pelajaran, tugas guru sudah kelihatan banyaknya. Dari merekap nilai, menulis laporan hasil belajar, mengisi daya serap sampai input data di induk sekolah. Dengan begitu banyak tugas, saya berfikir ada yang bisa dipermudah dengan bantuan teknologi. Maaf sudah biasa jika nilai saya olah di microsoft excel, sehingga tidak terlalu pusing untuk mencari rata-rata bahkan sampai peringkat (walaupun tidak tertulis di raport, tapi wali murid pasti menanyaknnya....sedia payung sebelum hujan). 

Ketika akan mengisi tabel pencapaian target dan daya serap saya berfikir, adakah formula mencari jumlah anak dengan rentang nilai tertentu yang praktis??? Saya sudah berusaha menggunakan formula, namun kurang praktis. Bisakah formula yang baru aku temukan menggantikan formula yang asal saya buat dan sudah saya gunakan 3-4 tahun terakhir??? 


Formula yang bisa saya gunakan adalah menggunakan “=countif“. Jika rentang nilai  yang dicari adalah 

0-10, maka formulanya =COUNTIF($B$7:$B$44;"<=10").
11-20, formulanya =COUNTIF($B$7:$B$44;"<=20")-(cell 0-10)
21-30, formulanya =COUNTIF($D$7:$D$44;"<=30")-(cell 0-10)-(cell 11-21)
Dan seterusnya sampai 91-100. Cukup melelahkan dan kurang praktis

Dari ketidakpuasan saya, akhirnya saya coba-coba beberapa formula. Alhamdulillah berhasil (langsung saya unggah di blog). Formulanya masih dengan =sumproduct. Yah ternyata dengan sumproduct dapat mencari jumlah rentang nilai tertentu. Misalnya:

0-10, maka formulanya =sumproduct(($B$7:$B$44>=1)*($B$7:$B$44<=10))
11-20, =sumproduct(($B$7:$B$44>=11)*($B$7:$B$44<=20))
21-30, =sumproduct(($B$7:$B$44>=21)*($B$7:$B$44<=30))

Dan seterusnya..... Pekerjaan jadi lancar, ringan tak banyak hitung manual.


 Masihkah mengolah nilai secara manual??

Semoga bermanfaat..

5 komentar untuk "Pekerjaan Akhir Tahun Pelajaran dengan Formula excel"

  1. sip..
    thank you ms bro...
    sangat membantu...

    BalasHapus
  2. bagaimana jika sum product diberi formula countif lagi, apa bisa/ krn aku coba coba kok gak bisa ya, nilai +,-,* saja, tetapi nilai dari hasil sum procdut tidak kita dapatkan.
    jika anda tau jalan keluarnya, mohon di share ya

    tq

    BalasHapus
  3. semisal ini rumusnya

    =SUMPRODUCT(--(LEFT('Pekerjaan Tahun 2012'!D4:D417,1)=B4)[ini yg belum ditahui]countifs('Pekerjaan Tahun 2012'!H4:H417,"rutin",'Pekerjaan Tahun 2012'!R4:R417,"received")

    jika ada penjelasan pls ya gan

    BalasHapus
  4. Jika boleh saya minta file jadinya pak, masih belum mengerti ini.

    BalasHapus