Kamis, 07 Juni 2012

Formula Umur



Sering kita berhubungan dengan data anak yang lengkap dengan tanggal lahir sampai pekerjaan orang tuanya. Sering pula kita dituntut untuk memfiltter sesuai golongan umur tertentu. Jika data anak didik kita dituliskan dalam MS excel tentunya lebih mudah dibanding menggunakan MS Word, hanya saja bagaimana rumus (formulanya) agar kita mengetahui umur anak tersebut??
Dulu, pertama kali mengenal MS excel dan jarag berhubungan dengan internet saya menggunakan formula “=year(B3-now())-1900”, kemudian kita format cell tersebut menjadi “number”. Namun ternyata formula tersebut agak ribet dan kurang familiar (formul ini merupakan percobaan saya dari belajar secara otodidak). Ada formula yang cukup bagus dan akurat yaitu:

=DATEDIF(C6;TODAY();"y").
Keterangan :
C6 = cell berisi tanggal lahir
Today() = tanggal hari ini. (bisa diganti dengan cell yang berisi tanggal tertentu sebagai batas akhir penghitungan umur)
kode “y” = digunakan untuk menghitung tahun (asal kata y=year) .
Lalu bagaimana jika kita ingin menambahankan kata Tahun di belakangnya (seperti 12 Tahun)?. Caranya Gampang, setelah rumus diatas tambahkan kode berikut &” Tahun” sehingga rumus berubah seperti dibawah ini :
=Datedif(C6;today();"y")&" Tahun"
Permaslahan yang muncul sekarang adalah, jika ada umur yang sama padahal tanggal lahirnya berbeda. Jika kita ingin mengetahui detailnya maka kita harus menambahkan formula untuk menghitung sisa bulannya.Rumusnya adalah :
=Datedif(C6;TODAY();"ym")
Keterangan : “ym” adalah kode untung mengitung selisih bulan dari bulan patokan (asal kata y=year; m=month). Bagaimana menambahkan kata bulan dibelakangnya? caranya sama ketika kita menambahkan kata Tahun, sehingga rumusnya menjadi :
=Datedif(C6;TODAY();"ym")&" Bulan"
Dan jika kita juga menginginkan sampai detail berapa selisih harinya plus dengan kata hari dibelakangnya maka kita gunakan rumus seperti ini:
=Datedif(C6;TODAY();"md")&" Hari"
Keterangan : “md” kode untuk menampilkan selisih hari dalam 1 bulan (asal kata m = month; d = day)
Bagiamana jika menggabungkan ketiga formulanya (tahun, bulan dan hari)? Gampang!!!!  formulanya yaitu: “=formula tahun&formula bulan&formula hari” lebih jelasnya sebagai berikut:
=DATEDIF(C6;TODAY();"y")&" Tahun "&DATEDIF(C6;TODAY();"ym")&" Bulan "&DATEDIF(C6;TODAY();"md")&" Hari"
Keterangan : antara formula tahun dan bulan diberi tanda &” (tanpa tanda kutip), begitupun untuk pembatas formula bulan dan formula hari diberi tanda &”
Lihat Tabel berikut lebih jelasnya: 

 
No
Nama
Tgl. Lahir
Formula 1
Formula 2
Bulan
Umur
1
A
03/04/2000
12
12
2
12 Tahun 2 Bulan 4 Hari
2
B
14/06/1999
12
12
11
12 Tahun 11 Bulan 24 Hari
3
C
16/07/1999
12
12
10
12 Tahun 10 Bulan 22 Hari
4
D
14/01/2000
12
12
4
12 Tahun 4 Bulan 24 Hari



=YEAR
(NOW()-C6)-1900
=DATEDIF
(C6;TODAY();"y")
=DATEDIF
(C2;TODAY();
"ym")
=DATEDIF(C6;TODAY();"y")&" Tahun "&DATEDIF(C6;TODAY();"ym")&" Bulan "&DATEDIF(C6;TODAY();"md")&" Hari"
Sumber: pengalaman+pakhermawan.com

Tulisan berikutnya (Insya Alloh): bagaimana mengetahui jumlah anak sesuai umur  dan kelasnya masing-masing??? Tunggu saja....

2 komentar:

  1. ilmu yang bermanfaat, semoga jadi amal jariyah

    BalasHapus
  2. Amin... makasih kunjungannya...

    BalasHapus