Bank Data Siswa

bank data siswa


Sehubungan akan kenaikan kelas dan tahun pelajaran baru, tentunya perlu peng-update-an data siswa, yang lulus, naik, tinggal kelas ataupun siswa baru, sehingga data siswa tidak basi. Kenapa tulisan ini saya susun di akhir tahun pelajaran? tidak lain tidak bukan karena ada libur akhir tahun untuk siswa, sehingga tanggung jawab guru hanya piket. 

Untuk memudahkan kegiatan ini, setidaknya seluruh guru/karyawan mampu untuk mengoperasikan komputer.  Apalagi jika didukung dengan file yang akan saya bagi (terutama yang membutuhkan). File yang akan saya bagi tidak murni buatan saya, tapi  sebagian merupakan bantuan teman-teman di milis XL-mania@yahoogroups.com . Untuk pertama kali, data harus diinput (lembuuur), tetapi untuk tahun berikutnya kita hanya mengedit data yang berubah, seperti Lulus (tentunya di delete), naik kelas, tinggal kelas, pindah ataupun siswa baru.  

Apa sih keunggulannya ?? file ini berisi 5 sheet.
Sheet pertama     :    Cek, untuk mencari data siswa secara cepat.
Sheet kedua         :    Data, berisi data seluruh siswa.
Sheet ketiga     :    usia (LI); menampilkan data yang berisi jumlah siswa dengan  kriteria umur, kelas sesuai format LIS (Lembar Individu Sekolah).
Sheet keempat    :    usia (2); menampilkan data yang berisi jumlah siswa dengan  kriteria umur, kelas sesuai format Lapor bulan.
Sheet kelima       :    halaman peratama lapor bulan dengan data siswa sama dengan sheet keempat.

Dengan sheet pertama, kita dapat mencari data anak, dengan hanya memasukkan bagian namanya saja (minimal 4 huruf), nantinya akan muncul data anak . Jika lebih dari 1 anak, maka data anak yang ke dua akan muncul di row (baris ke 20) silahkan dipilih, kemudian klik “PILIH SISWA”, maka data anak yang kita maksud akan muncul di tabel identitas siswa.

Lebih jelasnya download filenya saja disini...
Moga bermanfaat

7 komentar untuk "Bank Data Siswa"

  1. Itu cara buatnya bagaimana... Penasaran banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jelaskan dia atas, bukan asli buatan saya... Saya minta bantuan ke forum pegiat excel....
      Sekarang saya masih terus belajar untuk menguasainya

      Hapus
  2. izin unduh, mas.Aplikasi nya bagus sekali dan sangat bermanfaat. tapi boleh tahu pasword proteksi atau cara buatnya bagaimana, saya tertarik sekali mas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbagi dengan teman2 di forum excel....

      Password :
      LI : 260405
      Usia : 241106
      Lapbln1 : 260405_241106

      Hapus
  3. Terima kasih banyak mas, Semoga menjadi Ladang pahala dan barokah bagi pembuatnya.

    BalasHapus
  4. saya pingin ikut bergabung di forum excel mana mas? ingin belajar excel.

    BalasHapus